Wednesday, March 5, 2014

[Online Tips] Bagaimana Membuat Pembaca FOKUS pada website Anda

Nicholas Carr dalam bukunya yang berjudul “The Shallows: What The Internet Is Doing to Our Brains” menuliskan bahwa penggunaan internet mampu menciptakan perubahan neurologis di otak yang berdampak pada kemampuan kita mengingat fakta atau perhatian yang kita curahkan untuk memahami apa yang kita baca. 


Beberapa hal yang dituliskan oleh Carr dalam buku tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki  atau mengelola website.  Apakah website itu? Ada yang mendefinisikan website  (web) sebagai halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.  Ketika kita memiliki atau mengelola web, tentunya kita ingin para pengunjung atau pembaca web kita fokus pada apa yang kita sajikan (atau dalam bahasa yang lebih keren bounce rate yang relatif kecil) . Beberapa tips praktis yang dibagikan oleh Carr adalah:
  • Sedapat mungkin hindari penggunakan link dalam artikel yang disajikan. Semakin banyak link yang disajikan dapat menyebabkan pemahaman yang semakin rendah. Link tersebut akan menyebabkan orang yang mengunjungi web Anda mengklik link tersebut dan beralih dan melupakan apa yang sedang dibaca.
  • Hindari konten yang terlalu panjang dan rumit.
  • Usahakan agar pembaca Anda dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan.
  • Less is often more on the Web yang artinya kita perlu untuk mengeliminasi fitur-fitur yang justru menggangu pembaca kita seperti animasi flash dan teks berjalan (scrolling text)
  • Penggunaan subjudul dan bullet point akan memudahkan pembaca Anda menemukan point-point penting dalam artikel Anda
  • Gunakan site navigation untuk membantu Anda agar informasi yang dibagikan dapat dipilah menjadi beberapa bagian sehingga tampak lebih ringkas dan tidak terlalu panjang. Berikut adalah contoh dari site navigation:


  • Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan hyperlink, jangan hanya tuliskan read more namun tuliskan dengan jelas dan singkat mengenai apa yang akan mereka baca .
  • Buatlah konten website Anda dalam bentuk percakapan dengan susunan kalimat yang mudah dipahami
  • Ada pepatah yang mengatakan Anda tidak memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Hal tersebut berlaku pula ketika Anda membuat konten website Anda. Gunakan pernyataan atau pertanyaan yang menarik di awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca Anda. Jangan berharap bahwa pembaca Anda bersedia untuk membaca pendahuluan yang sangat panjang. 
  • Gunakan media video untuk menyampaikan informasi yang lebih kompleks

 Sumber: Entrepreneur.com


No comments:

Post a Comment