Thursday, March 6, 2014

[Business Tips] Berusaha GIGIH itu BOLEH, TAPI ....



Saya orang yang sangat suka untuk mengutak-atik komputer dan saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam sampai masalah seputar komputer tersebut dapat terselesaikan. Di hari Selasa malam kemarin saya kembali mengutak-atik laptop saya karena ada bagian dari konektor jack sound yang patah dan tertinggal di lubang headset laptop saya. 

Kalau tidak dikeluarkan maka laptop saya tidak akan bisa terhubung ke speaker padahal saya memerlukannya karena besok saya harus mengajar.  Malam itu saya berusaha segala macam cara, mulai dari menggunakan klip kertas, bongkar laptop sampai yang paling konyol adalah saya terpikir untuk mencoba menghisapnya. (Namun hal ini tidak saya lakukan, bayangkan betapa konyolnya jika saya menghisap terlalu kuat dan konektor tersebut  tertelan oleh saya :D). Hari sudah semakin larut dan menunjukkan pukul 00.30, dan akhirnya saya harus memutuskan untuk menyerah dan beristirahat karena keesokan harinya saya harus mengajar.

Keesokan harinya...
Masih penasaran dengan bagaimana cara untuk mengeluarkan konektor tersebut dari laptop. Saya menghubungi seorang sahabat yang membuka usaha toko komputer dan saya menceritakan permasalahan saya. Beliau tertawa mendengar cerita saya dan berkata bahwa permasalahan itu adalah masalah kecil yang bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit. Penasaran tentang bagaimana caranya, maka saya meluncur ke tempat sahabat saya.

Sesampainya di sana, saya mengeluarkan laptop saya dan memberikan kepada sahabat saya. Sahabat saya meminta teknisi di kantornya untuk mengambil klip kertas (namun kali ini klip kertas yang digunakan adalah klip kertas dengan ukuran yang lebih besar).  Teknisi tersebut memasukkan klip kertas tersebut ke dalam lubang jack di laptop saya dan BERHASIL menarik konektor yang tertinggal tersebut keluar dari laptop saya.

Woowww, saya takjub sekaligus membuat saya berpikir. Saya menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran saya selama berjam-jam, dan tidak mendapatkan hasil apa pun. Alangkah bijaknya jika saat itu saya langsung menelpon sahabat saya dan menanyakan pendapat atau sarannya.

Well, saya merasa kekonyolan yang saya alami ini dapat saya analogikan dengan dunia bisnis. Mungkin Anda bertanya apa hubungan cerita yang saya bagikan dengan dunia bisnis?

Di dalam dunia bisnis, mungkin kita mencurahkan waktu, tenaga, pikiran bahkan uang kita untuk mencoba hal-hal yang  belum pernah kita ketahui atau lakukan sebelumnya. Kita mencoba segala macam upaya dan berpikir mungkin usaha, tenaga yang kita keluarkan tersebut dapat membawa kemajuan bagi bisnis yang kita jalankan. Namun sangatlah mungkin bahwa apa yang sebenarnya kita lakukan adalah hanya membuang-buang waktu, tenaga dan uang kita. Sama seperti yang saya lakukan ketika saya tidak tahu dan mencoba-coba untuk mengeluarkan konektor dari laptop saya.

Kalau kita tidak tahu caranya, kita dapat bertanya pada yang tahu dan berpengalaman.  Demikian juga di dalam dunia bisnis, kita dapat mencoba mencari mentor yang sudah pernah memiliki pengalaman berkecimpung di dunia bisnis yang serupa. Mentor seperti apa yang dapat membantu kita? Seorang mentor yang dapat memberikan gambaran mengenai dunia yang saat ini sedang kita jalani dan berbagi mengenai keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialaminya.


Apakah saat ini Anda sedang  berjuang dalam merintis bisnis atau usaha Anda?  Temukanlah mentor yang dapat membantu dan mendampingi Anda . Kalau kita tahu caranya, maka niscaya kita dapat memaksimalkan waktu, tenaga dan sumber daya yang kita miliki.


Salam Sukses untuk Anda. 

No comments:

Post a Comment