Tuesday, April 22, 2014

3C dalam Komunikasi (Crisp and Clear, Customer Centric, Consistent)


Anda akan mampu untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan jika Anda fokus pada hal-hal terbaik yang mampu Anda lakukan  dan sekaligus mampu memberikan manfaat/nilai kepada pelanggan Anda. Sadarkah Anda bahwa pelanggan  Anda merupakan pribadi yang sangat pemilih dan mereka memilih dengan siapa mereka akan berbisnis. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mampu mengkomunikasikan nilai dan manfaat dari produk yang Anda miliki jika Anda ingin unggul di dalam persaingan tersebut. Agar dapat mengkomunikasikan keunggulan Anda secara efektif Anda perlu mengenal 3C dalam komunikasi. Refleksikan kembali apakah usaha  pemasaran Anda sudah sesuai dengan kriteria tersebut.

Clear: Jelas
C yang pertama adalah komunikasi yang Anda lakukan harus jelas (Clear).
Jelas berbicara mengenai bagaimana Anda menggambarkan siapa Anda dan apa yang dapat dilakukan/diberikan oleh bisnis/usaha Anda kepada pelanggan? Dalam hal ini Anda dapat menggunakan teknik elevator pitch (Elevator pitch adalah memberikan ulasan tentang ide, produk, orang atau hal lain dan dirancang untuk membuat pembicaraan dimulai. Elevator pitch adalah sebuah presentasi singkat yang dilakukan dalam waktu kurang lebih 30 detik).
Dapatkah Anda menjelaskan bisnis atau produk Anda kepada orang lain yang tidak berkecimpung di dalam industri/bisnis yang sama dengan Anda dalam waktu 30 detik atau kurang? Ketika Anda menghadiri sebuah pertemuan dan Anda bertemu dengan prospek yang menjanjikan, apakah penjelasan bisnis Anda mampu menarik perhatian orang tersebut?

Customer-centic: Berpusat pada pelanggan
Jangan hanya memberitahu pelanggan mengenai apa yang Anda lakukan tetapi beritahukan juga mengapa Anda melakukannya. Pastikan pelanggan Anda tahu bahwa merekalah fokus dari bisnis Anda. Mempromosikan bisnis Anda bukan hanya menceritakan mengenai pengalaman dan keahlian Anda, tapi bagaimana produk/bisnis Anda bermanfaat bagi pelanggan Anda.

Berikut adalah contoh pemasaran yang berpusat pada pelanggan:
Misalkan saja Anda adalah seorang penata gaya. E-mail dan komunikasi pemasaran Anda dapat dikaitkan dengan pengalaman Anda dalam industri  tersebut  dan  insting penataan gaya menakjubkan yang Anda miliki. Atau Anda dapat menginformasikan cerita ‘berharga’ yang Anda miliki dari perspektif pelanggan Anda. Misalnya saja sebuah artikel atau tulisan  seperti, "Saya dapat membantu Anda tampil menonjol/mengagumkan dalam bursa kerja dan membuat kesan pertama yang hebat pada saat wawancara".  Pastikan pesan tersebut disertai dengan testimonial atau studi kasus yang menunjukkan bagaimana manfaat layanan Anda secara nyata.

Pelanggan Anda perlu diyakinkan tentang mengapa mereka perlu mengeluarkan uang mereka untuk membeli produk Anda. Pesan Anda harus fokus pada bagaimana produk atau jasa Anda memberikan manfaat kepada pelanggan.

Consistent: Konsisten
Setelah Anda menyampaikan pesan Anda dengan jelas dan Anda menceritakan pesan tersebut dari sudut pandang pelanggan Anda, pastikan Anda melakukannya secara konsisten melalui e-mail, website, bahan-bahan cetak, dan media pemasaran lain yang Anda gunakan.

Tidak ada yang lebih membingungkan bagi calon pelanggan Anda selain  mendengar sebuah cerita  mengenai produk Anda dari saluran komunikasi yang satu dan kemudian membaca versi yang berbeda dari saluran komunikasi/pemasaran yang lain. Mereka tidak tahu versi mana yang harus mereka percayai.


Tingkatkan komunikasi Anda pada pemasaran yang selanjutnya
Apabila pemasaran yang Anda lakukan belum mengandung komponen 3C, maka ini saatnya untuk meningkatkan komunikasi pemasaran Anda. Komunikasi yang jelas, berpusat pada pelanggan dan konsisten akan membuat pelanggan Anda datang dan tetap menggunakan produk Anda.

Beberapa tips berikut ini dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan efektif melalui email:
  • Berkomunikasi lebih sering, tapi jangan terlalu sering melakukan penjualan secara langsung.
  • Tawarkan sesuatu yang bernilai/berharga secara cuma-cuma. Misalnya saja Anda dapat menawarkan newsletter yang berisikan tips dan trik yang bermanfaat bagi pelanggan Anda atau artikel/laporan yang dapat didownload apabila pelanggan mendaftarkan diri dalam milis di website Anda. Apabila Anda memberikan keahlian Anda secara cuma-cuma, biasanya orang-orang dengan sendirinya akan mengikuti Anda.
  • Berkomunikasilah dari hati Anda. Anda dapat menggunakan email dan aplikasi survey yang Anda untuk meminta opini pelanggan mengenai hal-hal yang mempengaruhi mereka dalam keputusan pembelian atau hal-hal lain yang ada di dalam pemikiran mereka. Anda dapat meminta kisah sukses dari orang-orang atau bahkan pelanggan Anda dan membagikan kisah tersebut di dalam artikel yang kita tulis atau di dalam newsletter yang kita bagikan.


No comments:

Post a Comment