Saturday, October 19, 2013

Pengusaha itu Berbeda (3)

Bagian ketiga dari buku Midas Touch berbicara mengenai jari tengah. Jari tengah bercerita mengenai pentingya untuk menciptakan merk Anda.

"Merk bagi suatu perusahaan adalah seperti reputasi bagi seseorang. Anda mendapatkan reputasi dengan berusaha melakukan hal-hal sukar dengan baik" 
-Jeff Bezos-


Menciptakan Merk Kita Sendiri
Untuk dapat melakukan hal tersebut, kita harus mempelajari merek-merek lain, dan pada saat yang sama mulai mencari apa yang diinginkan pelanggan dan apa yang saya inginkan bagi pelanggan. Untuk dapat melakukan hal tersebut dapat dimulai dari diri kita masing-masing, lebih berfokus pada memberi dibandingkan dengan menerima, apa yang ingin kita berikan kepada pelanggan saya?

Saat kita membaca kisah-kisah para pengusaha, banyak dari mereka pernah menjalani masa-masa cobaan, kesukaran, dan ujian keyakinan. Melalui ujian tersebutlah suatu merk lahir.Merk lebih dari sekedar nama. Merk sejati tidak bisa ditiru karena merk sejati lebih dari sekedar produk dan merupakan cerminan dari tubuh, pikiran dan jiwa.

Anda tidak bisa menjadi semua hal bagi semua orang. Anda tidak pernah bisa membuat semua orang bahagia, jadi Anda sebaiknya membuat diri Anda bahagia, memberi orang lain apa yang Anda sendiri inginkan, dan mengerjakan apa yang menjadi tujuan Anda diciptakan di muka bumi.

Apakah Anda seorang Komunikator?
Mampu berbicara di depan publik berperan penting dalam mengembangkan merk Anda. Kalau tidak Anda harus mencari seorang juru bicara untuk menggantikan posisi Anda sampai keahlian Anda terasah. Mewakili merk Anda sendiri adalah cara TERBAIK. Tidak ada yang mengetahui produk atau merk Anda sebaik Anda. Jika Anda tidak bisa menjualnya, siapa lagi? Anda harus mampu mempresentasikan merk Anda sendiri dalam kehidupan sehari-hari dan dalam presentasi Anda. Antusiasme harus ada dan tulus.

Banyak pengusaha bekerja keras membangun bisnis, tapi hanya sedikit yang membangun merk. Membangun bisnis Anda menjadi merk itu penting dalam mengembangkan sentuhan Midas. Dengan satu merk, Anda tidak perlu memburu peluang, peluanglah yang akan datang kepada Anda. 

Jika bisnis Anda bukan sebuah merk, berarti bisnis Anda adalah komoditas. Ada banyak bisnis hamburger, tapi hanya ada satu McDonald's. Ada banyak kedai kopi, tapi hnaya ada satu Starbucks.  Merk melebihi diri Anda dan bekerja mewakili Anda. 

Orang kerap membayangkan merk sebagai logo. Mereka mengira itu adalah kampanye periklanan atau promosi penjualan, PADAHAL BUKANLAH ITU. Merk adalah dua kata, JANJI yang Anda lontarkan dan  PENGALAMAN yang Anda berikan. Saat orang membeli merk Anda, mendengar nama Anda atau menggunakan produk Anda, simbol-simbol dan pengalaman-pengalaman itu harus mengingatkan mereka akan apa yang mereka perjuangkan. Anda harus memicu respons emosional dan intelektual dalam diri pelanggan Anda.

Merk-merk besar itu tulus,bermakna,berbeda. Menerapkan apa yang Anda bicarakan adalah inti dari menjadi tulus: menjalankan kata-kata Anda, melakukan apa yang Anda ucapkan dan mengungkapkan apa yang Anda lakukan.

Orang membeli dengan hari mereka dan membenarkan pembelian dengan pikiran mereka. Jadi milikilah keberanian untuk mencari gairah hati Anda dan menuangkannya ke dalam merk Anda.


No comments:

Post a Comment