Sunday, September 22, 2013

Pengusaha itu berbeda (2)

Bagian kedua dari buku Midas Touch berbicara mengenai FOCUS. Bagian awal dari bab ini diawali dengan sebuah kutipan dari Alexander Graham Bell yang menyatakan:

"Konsentrasikan segenap pikiran Anda pada pekerjaan yang sedang Anda hadapi. 
Sinar matahari tidak akan membakar jika tidak difokuskan"


Jari Telunjuk - F.O.C.U.S.

-Fokus adalah Kekuatan-
Orang-orang yang bisa berfokus memiliki kemampuan untuk menghimpun segenap kemampuan mereka dan berfokus pada tugas atau tujuan di depan mata. Fokus itu penting bagi kesuksesan dan orang yang sukses adalah orang yang bisa berfokus. 

Robert T. Kiyosaki menuliskan FOCUS sebagai 'Follow One Course Until Succesful". Kebanyakan pengusaha gagal karena mereka tidak memiliki kekuatan karakter yang diwakili oleh Ibu Jari (Baca Pengusaha itu Berbeda 1), juga mereka tidak memiliki fokus alias kemampuan untuk tetap di jalur sampai berhasil. 

Setiap pengusaha, jika mereka sungguh-sungguh berfokus pada apa yang sedang mereka kerjakan dan ingin mereka capai, akan menyadari apa yang diperlukan untuk menang dalam zona tempur bernama bisnis. Jadi Anda harus bersiap untuk bertahan dan mengambil risiko manakala diperlukan.

Jika Anda mencoba sekali, Anda harus mencoba lagi. Fokus tersebut harus dijaga tepat dimana fokus itu seharusnya diarahkan pada kemenangan. Memiliki visi tentang sesuatu bisa menjadi kekuatan yang sangat luar biasa untuk berprestasi. Orang-orang yang ulet dan berani mengambil risiko adalah orang-orang yang memiliki peluang sejati untuk mendapatkan sentuhan Midas.


Ujian bagi pengusaha adalah Bisakah Anda mengikuti satu jalan sampai berhasil?Bahkan jika keadaan bertambah sukar, bisakah Anda tetap berfokus pada hal-hal yang tepat?

Pemimpin memiliki visi, yaitu kemampuan memandang masa depan. Pengusaha berbeda. Mereka memerlukan lebih dari sekedar visi. Pengusaha harus memiliki visi ditambah kekuatan fokus. Beberapa pertanyaan tersebut mungkin dapat membantu Anda dalam mengevaluasi kemampuan Anda untuk F.O.C.U.S (Follow One Course Until Succesful):
  • Berapa lama Anda bisa terus melangkah saat keadaan menjadi sulit?
  • Seberapa gampang teralihkannya Anda?
  • Seberapa baik Anda menjual ide-ide Anda kepada orang lain?
  • Bisakah Anda meyakinkan orang untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk visi semata, yaitu suatu hal yang tak berwujud?
  • Apakah proyek-proyek yang telah Anda bangun dengan tanpa modal apa-apa?
  • Seberapa siap Anda menyongsong dunia usaha?
  • Bisakah Anda terus melangkah, bahkan ketika Anda meragukan diri Anda sendiri?
Di akhir bagian kedua dari buku ini diingatkan kembali pengusaha yang ingin memiliki sentuhan Midas harus menentukan fokus dan menetapkan sasaran tinggi. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa Anda capai sampai Anda berfokus mencapainya. Segala sesuatu dimungkinkan dalam dunia kita yang saling terkait ketika Anda sudah mengizinkan dan memfokuskan diri Anda.


No comments:

Post a Comment